Tutorial CorelDraw #2 Cara membuat Vector Batik Bonus Vector Batik

Sehubungan hari ini adalah Hari Batik Nasional, yaitu 02 Oktober. Maka postingan kali ini akan berhubungan dengan BATIK. Kali ini saya akan memberikan tutorial mudah membuat Vector Batik dengan menggunakan Software Design Vector yang bernama CorelDRAW. Langkahnya cukup mudah, yaitu kita cari dulu sample gambar batiknya, misalnya saja saya pakai model Batik Parang ini yang saya ambil dari internet.



Mengapa saya mengambil model Batik Parang ini adalah karena banyak request dari pembuat cetak kartu undangan untuk model vector batik parang ini. Dan kedua adalah karena model Batik Parang ini adalah model batik yang coraknya sangat teratur, jadi kita hanya tinggal bikin satu modelnya, lalu tinggal kita perbanyak dengan susunan yang teratur.

Lihat juga : Tutorial Corel Draw #1 Cara Fit Text to Path

Untuk Tutorial dalam bentuk Video, silahkan anda tonton video berikut ini dan jika anda menginginkan Vector Batik ini silahkan saja tulis pada komentar di video ini, insyaaAllah nanti akan saya kirim melalui email dalam format CorelDRAW nya :



Caranya adalah dengan menggunakan Pen Tool, atau bisa juga dengan menggunakan Bezier Tool. Untuk saya pribadi lebih sering menggunakan Bezier Tool, karena kebiasaan saja sih. Lalu dengan tools tersebut, kita buat bentuk batiknya, kita ikuti alurnya satu persatu. Tidak perlu Rapi, asal saja dulu mengikuti bentuknya karena nanti tahap selanjutnya kita akan me-rapi-kannya lagi supaya hasilnya lebih bagus.

Baca Juga : Langkah Mudah Belajar CorelDRAW

Setelah jadi, kita rapikan bentuk tadi dengan Shape Tool, kita buat titik-titik shape nya sesuai dengan contoh yang kita ambil tadi. Lalu kita buat lengkungan dan sisi-sisi nya mendekati gambar contoh tadi. Setelah jadi, selanjutnya kita GRUP bentuk-bentuk tersebut dan setelah menjadi 1 grup, kita bisa memberinya warna terlebih dahulu, lalu kita perbanyak dengan menggesernya ke arah yang kita mau, lalu kita tekan CTRL + R untuk me-Repeat duplikasinya sehingga jaraknya teratur.

Sangat mudah kan membuat Vector Batik ini, pekerjaan membuat Vector Batik ini adalah latihan bagi anda yang ingin bisa menguasai CorelDRAW dengan mahir. Setelah ini, anda bisa mulai men-desain Logo-logo atau objek-objek yang lebih rumit lagi.

Terimakasih telah mampir, semoga bermanfaat dan silahkan share tulisan ini mungkin ada teman atau saudara-saudara anda yang membutuhkannya, semoga bernilai sedekah. Aamiin... Wassalam...
Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment