Langkah Mudah belajar Corel Draw

Bagaimana Cara Paling Mudah Belajar CorelDraw?

CorelDRAW merupakan salah satu software ilustrasi vektor dan tata letak halaman profesional yang cukup populer digunakan di Indonesia selain Adobe Illustrator. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh seniman profesional, pendidik, mahasiswa, korporat, bahkan oleh masyarakat umum. Mengapa banyak orang memilih menggunakan CorelDRAW untuk melakukan berbagai aktivitas di bidang desain? Jawabannya adalah karena:
  • Software ini punya tools yang lengkap
  • Mudah digunakan karena user interface-nya sangat user friendly
  • Dinamis
  • Bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai hal, mulai dari ilustrasi berbasis vektor, membuat tata letak halaman, serta support dengan berbagai media cetak
  • Mudah dipelajari karena didukung oleh banyak buku panduan maupun tutorial berbasis hardcopy, softcopy, dan video
Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mempelajari Sebuah software. Namun jika Anda ingin mengetahui cara paling mudah belajarCorelDRAW, berikut adalah langkah esensial yang bisa Anda ikuti.
Mohon untuk dibaca dulu dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ya :) MERDEKA!!! Setelah materi ini, insyaaAllah akan ada update satu persatu tentang cara-cara penggunaan tools, praktek dan lain sebagainya. Untuk tetap mendapatkan update silahkan masukan email anda pada bagian FOLLOW by EMAIL :)  Terimakasih

Kenali terlebih dahulu user interface-nya

Bagi para pemula yang ingin belajar CorelDRAW, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenal window atau user interface dari software ini terlebih dahulu.
User interface CorelDRAW sangat dinamis. Tampilan menu dan letak berbagai docking bar bisa diubah sesuka hati sesuai dengan kebutuhan. Hampir semuanya bisa diubah letaknya untuk memberikan ruang agar user lebih nyaman saat bekerja.
Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda pelajari pada langkah yang pertama ini:
  • Buka setiap menu yang ada untuk mengetahui apa saja sub menu yang terdapat di dalamnya. Mengenal dan mengingat apa saja isi dari menu-menu yang ada pada software ini akan sangat bermanfaat untuk mempermudah kita dalam bekerja dan untuk mempercepat proses pengerjaan
  • Pelajari bagaimana cara menggunakan stage (halaman)
  • Pelajari bagaimana caranya memindahkan, mengurangi, dan menyembunyikan docking

Pelajari Tools untuk membuat dan mengedit objek

Cara mudah belajar CorelDRAW selanjutnya adalah dengan mempelajari tools. Mempelajari tools yang ada pada software ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena semua tools dilengkapi dengan icon yang akan memudahkan kita dalam mengenalinya.
Namun yang paling penting, selain mengaplikasikan tool untuk membuat objek, Anda juga harus mempelajari bagaimana cara mengedit stroke, fill, maupun shape dari objek itu sendiri.
Tools yang paling sering digunakan sangat bergantung pada project yang Anda buat. Misalnya jika Anda sering membuat ilustrasi gambar maka Anda akan sering menggunakan tools berikut ini:

  • Picktool
  • Shape tool
  • Zoom tool
  • Text tool
  • Outline tool
  • Eyedropper tool
  • Rectangle tool
  • Ellipse tool
  • Freehand tool (sangat bermanfaat apabila Anda menggunakan pen dan tablet untuk menggambar)

Belajar sambil membuat sebuah Project

Cara gampang mempelajari CorelDRAW lainnya adalah dengan mempelajari software sambil menggarap project tertentu. Namun ingat! hindari membuat project sendiri tanpa panduan. Ada banyak project sederhana berbasis tutorial dari buku, atau tutorial video CorelDRAW dari internet yang bisa Anda coba. Misal, Anda bisa membuat project berupa:


Sambil mengerjakan langkah demi langkah tutorial atau project yang Anda buat, ingatlah juga fungsi-fungsi setiap tools yang digunakan dalam tutorial tersebut.

Pelajari layer dan cara menggabungkan objek

Layer

Sebuah image biasanya terdiri atas berbagai bentuk objek, warna, dan layer. Hampir semua software desain grafis, mulai dari Photoshop, Adobe Illustrator, hingga CorelDraw, pasti menyediakan layer untuk memudahkan user dalam mengatur dan menempatkan objek.

Trim

Selain mempelajari bagaimana memanfaatkan layer, Anda juga perlu mempelajari trimming, yaitu istilah yang digunakan untuk: menggabungkan, memotong, dan mengkombinasikan dua objek atau lebih.

Pelajari Text tools

Jika Anda sering memanfaatkan Corel Draw untuk membuat layout teks seperti majalah atau koran, Text tool perlu dipelajari secara mendalam dan spesifik. Tidak hanya bisa menghasilkan efek teks yang bermacam-macam, Text tools juga bermanfaat untuk menggabungkan text dengan objek lain agar menghasilkan shape hingga layout yang unik.

Bekerja dengan warna

Warna memainkan peranan penting dalam sebuah image. Pemilihan warna yang tepat akan menghasilkan gambar yang bagus. Sebaliknya, tidak pandai mengkombinasikan warna akan membuat project Anda bisa terlihat tidak profesional. Pelajarilah secara khusus bagaimana memilih warna, bagaimana mengkombinasikan warna, dan texture.

Pelajari dan hafalkan setiap shortcut

Hanya mengandalkan mouse atau pen tablet untuk bekerja masih dirasa kurang memadai. Jika Anda ingin bekerja dengan lebih cepat, Anda wajib mempelajari dan menghafal setiap shortcut yang tersedia. 

Demikianlah materi langkah atau cara mudah belajar CorelDRAW, selanjutnya akan ada cara-cara beserta video penggunaan tools dan tips2 dengan CorelDRAW. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung. Wassalam.
Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment