Belajar Desain Gratis, malah Dibayar, ini caranya!

Siapa bilang untuk bisa belajar desain harus mengeluarkan biaya yang besar dan harus memiliki PC atau Laptop? Ternyata ada banyak cara untuk belajar desain secara gratis, bahkan adapula yang malah dibayar dan tidak perlu punya PC atau Laptop. Gak percaya?
Alhamdulillah saya telah mengalami hal tersebut, Belajar Desain Gratis malah dibayar :)

Semua butuh proses, dan tidak ada yang instan, bahkan Mie Instan-pun membutuhkan sendok, mangkok dan air panas yang harus kita masak terlebih dahulu sebelum kita bisa menyantapnya, belum lagi prosesnya untuk memasukan mie, menunggu hingga matang, lalu menuang ke mangkok dan memberi bumbu dan mengaduk-aduknya. Ternyata prosesnya tidak INSTAN ya :) Jadi saya harap anda bersabar dalam proses ini.
Beberapa tahapan cara yang bisa anda lakukan untuk belajar desain secara gratis adalah :
  1. Carilah tutorial desain di internet sebanyak-banyaknya, bisa dari Website Belajar Desain ataupun dari Channel Youtube tentang Desain. Jika anda merasa tidak punya komputer atau mahal quota internetnya, maka anda bekerjalah menjadi Operator Warnet. Jika saat ini tidak ada warnet, maka bekerjalah pada perusahaan yang anda bisa mengakses internetnya secara gratis :)

    Setelah anda memiliki beberapa pengetahuan tentang desain, pinjamlah komputer tempat anda bekerja, atau pinjam komputer teman anda untuk mencoba belajar desain sedikit demi sedikit. Jika anda tidak punya teman, maka tamatlah riwayat anda sampai-sampai temanpun anda tidak punya :))

    Lalu jika anda sudah bisa sedikit ilmu desain, maka melamarlah pekerjaan pada perusahaan desain, misalnya saja pada tempat Desain & Cetak Kartu Undangan atau lain sebagainya.
  2. Jika anda tidak mau untuk belajar dari internet, maka bekerjalah pada perusahaan dimana anda bisa belajar desain. "Kan saya belum bisa desain, gimana caranya saya bisa bekerja ditempat desain?" Ya mudah saja, anda hanya perlu bekerja pada bagian lain, misalnya menjadi office boy, atau teknisi kelistrikan, atau bagian apa saja yang relatif lebih santai. Misalnya di CV Jago Desain

    Setelah itu sambil bekerja anda bisa memperhatikan atau mendekati desainer disana sambil sedikit2 bertanya tentang cara desain, misalnya "Mas maaf misalnya cara menghilangkan jerawat pada foto itu enaknya pakai photoshop atau coreldraw mas?"

    Setelah anda akrab dan sudah sering bertanya tentang desain, mulailah anda coba untuk meminjam, atau mencoba membantu pekerjaan desain disana hingga anda terbiasa untuk mendesain sendiri. Jika anda sudah sedikit2 bisa desain, anda bisa mencoba untuk meminta promosi jabatan ke bagian desainer pada perusahaan tersebut. Jika tidak bisa, maka anda bisa pindah atau melamar pekerjaan ditempat lain yang membutuhkan desainer, dan anda masuk melamar dengan pengalaman pernah bekerja pada perusahaan CV Jago Desain tadi.
  3. Jika anda sudah masuk pada bagian desainer pada suatu perusahaan, maka sungguh-sungguhlah dalam bekerja, patuhlah pada peraturan perusahaan dan jangan bermalas-malasan dalam bekerja. Hal ini untuk kenyamanan anda dalam bekerja, karena anda sudah dibayar oleh perusahaan tersebut dan anda juga bisa mempraktekan sambil menambah ilmu desain anda disana. Satu hal yang saya ingat dari seorang motivator dan ustadz yang saya lupa namanya :D yaitu : "Bekerja itu bukan hanya untuk cari uang, tapi untuk berikhtiar menjemput rezeki dan juga untuk menambah ilmu kita. Jika anda bekerja hanya untuk mencari uang maka tidak ada yang nikmat dari pekerjaan anda."
  4. Selain cara tersebut, adalagi cara belajar desain secara gratis, yaitu dengan belajar kepada seorang yang bisa desain atau dengan membantu pekerjaan seorang desainer yang telah anda kenal akrab. Tidak usah minta bayaran, tapi pasti seorang yang sudah dibantu sangat kejamlah kiranya jika tidak menghargai orang yang membantu :D
    Namun jika anda tidak punya teman akrab yang jago desain, maka silahkan anda bergabung pada Grup FB Belajar Desain Grafis, Fotografi dan Video. GRATIS selamanya hingga dunia tak bercahaya dan matahari terbit dari barat daya :D
Itulah cara untuk belajar desain secara gratis, malah dibayar yang semua cara tersebut Alhamdulillah pernah saya praktekan. Saya pernah bekerja di warnet, lalu bekerja pada perusahaan Digital Printing bagian Setting, lalu promosi jabatan menjadi bagian Desain, lalu menjadi tukang Setting Plat Percetakan, lalu...lalu..lalu... membuka usaha www.undanganX.com

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jika tulisan ini bermanfaat, maka jangan ragu untuk Like atau Share kepada keluarga, teman, atau orang lain diseluruh jagat raya ini :) Terimakasih dari saya telah mempir kesini dan semoga berkah... Aamiin.
Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment