Cara Mudah Belajar Photoshop untuk Pemula

Pictures http://blogs.adobe.com/crawlspace/2015/08/photoshop-cc-2015-0-1-update-now-available.html

Tidak seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator yang secara khusus diciptakan untuk membuat ilustrasi (objek) berbasis vektor, Adobe Photoshop lebih sering dimanfaatkan untuk mengedit image berbasis bitmap. Walaupun kedua-duanya bisa melakukan hal yang sebaliknya, namun kemampuannya tentu sangat terbatas. Misalnya, CorelDRAW bisa juga dimanfaatkan untuk mengedit gambar berbasis bitmap, namun tentu saja hasilnya tidak akan pernah bisa mendekati hasil Photoshop. Begitu juga sebaliknya, akan sangat sulit untuk membuat dan menghasilkan gambar vektor hanya dengan memanfaatkan Photoshop karena tools-nya yang sangat terbatas.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak (software) yang sering digunakan untuk mengedit atau memanipulasi gambar/foto. Beberapa contoh hal-hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan Photoshop antara lain:
Memotong dan menggabungkan gambar
Menambahkan efek
Menambahkan teks
Mengubah warna dan memberikan warna
Membuat gambar realistik berbasis 3D, hingga
Membuat sequence untuk animasi



Ya, Photoshop tidak hanya bisa menghasilkan gambar menakjubkan dengan berbagai efek, melainkan bisa juga dimanfaatkan untuk membuat animasi jika digabungkan dengan software Adobe yang lainnya seperti After Effect atau Flash.

Contoh mudahnya mengedit mengedit foto dengan menggunakan Adobe Photoshop anda bisa lihat sendiri pada video Tutorial berikut ini. Pada video ini menggunakan sebuat tools namun fungsi dari tools tersebut sangatlah ampuh dan sudah pasti sering digunakan oleh editor-editor foto ataupun designer-designer papan atas. Silahkan simak video berikut ini :

Cara mudah belajar Photoshop

Dalam tulisan ini kita belum masuk pada teknik menggunakan Photoshop secara lengkap, namun hal-hal ini harus anda pahami agar dalam proses belajar Adobe Photoshop anda tidak memakan banyak waktu atau menjadi bosan. Untuk trik dan tutorial penggunaan Adobe Photoshop insyaaAllah akan selalu kami update blog ini. Untuk tetap terhubung silahkan gabung dalam GRUP FB BELAJAR DESAIN DAN PRINTING atau silahkan SUBSCRIBE Channel YOUTUBE BELAJAR DESAIN DLL untuk mendapatkan tutorial terbaru setiap kami update, dan itu gratis.

Pelajari terlebih dahulu tampilan Adobe Photoshop

Sama seperti ketika kita mempelajari layout sebuah rumah. Untuk mengenali setiap lorong dan kamar-kamar yang ada di dalamnya. Kita pun harus melakukan hal yang sama agar bisa bekerja secara maksimal dengan menggunakan Photoshop.
Sebagai seorang pemula, mulailah dengan mempelajari menu utama seperti:
File

Edit

Image

Layar

Type

Select

Filter

3D

View

Window
Kenali apa saja submenu yang terdapat di dalamnya. Termasuk jika memungkinkan, pelajari juga shortcut yang ada. Sehingga, Anda bisa bekerja dengan lebih cepat tanpa harus repot-repot membuka dan mengklik satu persatu menu dan tool yang ada di berbagai tempat.
Photoshop menyediakan default shortcut. Namun, untuk memudahkan user dalam menggunakan software ini, Photoshop juga memberikan kesempatan kepada user mengedit sendiri berbagai shortcut berdasarkan kebiasaan mereka.

Pelajari tools

Semua tools yang ada pada Photoshop ditempatkan pada sebuah toolsbox berbasis docking, umumnya diletakkan disebelah kiri layar. Walaupun tool yang tersedia berjumlah sangat banyak, namun Anda tidak perlu khawatir. Karena setiap tool dilengkapi dengan icon yang akan memudahkan Anda dalam mengenalinya.
Di samping mempelajari dan mencoba berbagai tools yang tersedia, jangan lupa juga untuk menghafal shortcut-nya. Sehingga, saat bekerja Anda tidak perlu repot-repot mengklik satu persatu tools yang akan digunakan. Anda bisa mengkombinasikan antara keyboard dan mouse untuk mempermudah dan mempercepat proses bekerja.
Hampir semua tools memiliki options yang biasanya terletak di bawah menu utama. Fungsi options adalah untuk mengubah karakter tools yang kita gunakan. Misalnya, saat menggunakan Selection tools, kita bisa mengubah nilai Feather, Smooth, Contract, hingga Expand. Option tersebut sangat bermanfaat untuk mempermudah kita dalam mengedit sebuah gambar.

Layar

Untuk menghasilkan gambar profesional, kadang-kadang dibutuhkan puluhan bahkan ratusan layer. Fungsi layer, selain untuk memisahkan objek adalah untuk menggabungkan dua objek atau lebih, memisahkan filter, mengatur tumpang tindih objek, dan lain-lain.
Peran layer sangat vital dalam menghasilkan bentuk maupun efek tertentu pada sebuah image. Sehingga, layer perlu dipelajari secara khusus dan mendalam.

Text

Selain bisa dibuat secara otomatis dengan memanfaatkan Text tools dan dengan menambahkan font pada sistem operasi, teks juga bisa dibuat secara manual dengan menggunakan Pen tools, brush, Selection tools, atau dengan menggunakan Pencil tools.
Dalam dunia image editing, teks memainkan peranan yang sangat penting dalam menghasilkan sebuah gambar yang bagus dan menarik. Bahkan, secara khusus teks perlu dipelajari oleh mereka yang berminat untuk menyelami dunia advertising atau media cetak.

Filter

Berbagai rupa gambar menakjubkan yang sering kita lihat di internet mulai dari foto, wallpaper, meme, dan lain-lain, hampir tidak pernah lepas dari filter. Ya, salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Photoshop terletak pada filters yang dimilikinya.
Dengan menggunakan filter, kita bisa membuat foto terlihat seperti lukisan cat minyak, bisa membuat foto modern terlihat seperti foto jadul, bahkan filter juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tekstur tertentu seperti: tekstur metal atau besi, batu, kayu, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut adalah hal-hal yang  perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum anda masuk pada praktek penggunaan Software Adobe Photoshop. Terimakasih telah mampir kesini dan jangan lupa untuk tetap terhubung dalam GRUP FB BELAJAR DESAIN DAN PRINTING atau silahkan SUBSCRIBE Channel YOUTUBE BELAJAR DESAIN DLL untuk mendapatkan tutorial terbaru setiap kami update, dan itu gratis. Terima kasih, Wassalam.
Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment